Langsung ke konten utama

5 MODAL AWAL BISNIS LAUNDRY KILOAN BESERTA RINCIAN BIAYANYA


Di zaman era modern ini sudah banyak orang-orang yang mulai membuka pikiran dan berencana untuk berwirausaha. Dari yang hanya ingin mendapatkan penghasilan tambahan, sampai para karyawan kantoran yang rela mengundurkan diri dari tempat dia bekerja demi fokus kepada bisnis yang mereka sedang jalani.


Lalu, bagaimana dengan Anda?



Kalau Anda bingung bisnis atau usaha apa yang mau ada buat, kami punya salah satu ide bisnis yang kesannya umum dan biasa tapi selalu dibutuhkan jasanya.




Bisnis Laundry Kiloan



Setiap orang pasti membutuhkan pakaian yang bersih dan wangi, tetapi tidak semua orang mempunyai waktu cukup untuk mencuci pakai kotor mereka.

Karena itu bisnis/usaha ini pasti selalu ada pangsa pasarnya tergantung dari strategi marketing yang kita jalankan.

Kali ini kami ingin memberikan sedikit info bagi Anda yang mau memulai usaha Laundry Kiloan, untuk pemula harus mengetahui anggaran,prosedur dan tahap-tahap usaha Laundry Kiloan.

Kami akan mengulas tentang perencanaan Bisnis Laundry Kiloan. Hal ini kami buatkan untuk para Anda yang baru akan memulai usaha Laundry Kiloan dari perhitungan nol. Walaupun perencanaan bisnis ini sangat sederhana dan tidak sama persis dengan struktur di dunia akuntansi, namun kami berharap ini dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan.

Berikut 5 hal yang harus di perhatikan untuk membuka usaha Laundry Kiloan:

1# Tempat/Lokasi


Untuk tempat, Anda harus tepat memilihnya.Yang strategis dan ramai penduduk dengan kesibukan sehari-hari atau cukup di rumah Anda sendiri. 

Keduanya bisa saja di jalanin, namun bila Anda membuka Laundry Kiloan di tempat yang kurang strategis, perlu juga Anda pikirkan untuk biaya pengirimannya.

2# Mesin Cuci dan Pengering


Pada saat membuka bisnis Laundry Kiloan, Anda jangan terburu nafsu untuk membeli banyak mesin. Sebaiknya satu mesin cuci dan satu mesin pengering (dryer). 

Seiring berjalannya waktu,jumlah pelanggan pasti akan bertambah dan memiliki kesempatan membeli mesin lagi. Untuk pembelian mesin, boleh dengan yang baru ataupun bekas sesuai dengan budget Anda.

3# Karyawan


Pilih karyawan baiknya yang berdomisili dekat dengan usaha Laundry Anda, atau sediakan tempat/ruangan untuk menginap jika Laundry Anda ramai. 

Untuk jumlah karyawan sesuaikan dengan jam buka usaha Anda, bila buka dari pagi sampai malam. Sebaiknya gunakan 2 shift (pagi & siang). Dan batas jam kerja normal itu 8 jam. Jika lebih dari itu akan dimasukkan hitungan lembur. 

Untuk sebagai gambaran, bisnis Laundry Kiloan yang buka dari jam 9 pagi sampai jam 10 malam membutuhkan 4 karyawan dengan gaji yang Anda sesuaikan, belum termasuk uang lembur dan uang makan. Karyawan merupakan pengeluaran terbesar, namun merupakan aset utama Anda.

4# Perabotan

Untuk membuka usaha Laundry tidak hanya mesin yang di butuhkan, tetapi perabotan lain untuk melengkapinya, seperti: meja setrika, kursi, keranjang baju, ember, rak, lemari, dll. 

Baiknya juga perlu lakukan renovasi pada kios Laundry Anda agar lebih bersih, rapi dan nyaman. Siapkan juga plastik untuk baju, kantong kresek, hanger, tag gun, tag pin, berbagai alat tulis, nota khusus Laundry, brosur untuk promosi, dll.

5# Kimia Laundry


Kimia Laundry itu seperti: deterjen, softener, penghilang noda, pelicin pakaian, parfum laundry, dll. Pilih kimia laundry dengan kualitas yang baik, tetapi dengan harga yang masuk akal. Bila Anda menggunakan kimia yang tersedia di supermarket, hitung terlebih dahulu apakah harganya sesuai dengan pemasukan harga per kilo laundry Anda. 

Jangan pernah memakai deterjen biasa untuk mesin cuci buka'an depan (front loading), karena akan merusak mesin cuci Anda. Gunakan deterjen khusus (detergent matic atau detergent liquid).

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Setelah semua lengkap, Laundy Anda siap dibuka. Jangan lupa untuk mempublikasinya lewat pamflet, spanduk, brosur, radio, internet dan sebagainya. 

Bila laundry sudah berjalan, catatlah semua transaksi yang terjadi pada nota rangkap tiga.


Berikut ini merupakan estimasi format keuangan Bisnis Laundry Kiloan











Perkiraan harga laundry normal per kilo Rp 6.000, dalam sehari pemasukan sekitar Rp 346.000. Bila diestimasi, per bulannya laundry akan mendapat omset sebesar Rp 10.830.000. Tetapi nilai tersebut bukannlah patokan pemasukan tiap bulang yang rutin, karena jumlah pelanggan tiap hari berbeda-beda dan bervariasi. Laundry baru buka saja tidak mungkin langsung mendapatkan pelanggan sebanyak itu.

Selain pemasukan harian, perlu juga mencatat semua pengeluaran harian. Semua jenis transaksi perlu dicatat, misal pembelian:plastik dan kresek,isi staples, pulpen, dll. kelalaian akan hal ini dapat terjadi dan dapat menyebabkan keuangan yang bocor tanpa diketahui.
Tentunya Anda tidak menginginkan hal ini terjadi bukan?. Berikut contoh format pengeluaran (variable cost) harian laundry.

FORMAT PENGELUARAN (VARIABLE COST) HARIAN LAUNDRY

Tanggal
No.
Nama Barang
Jml
 Rincian
 Harga
Nota
01-Feb-11
657
Plastik dan kresek
10 pak
 Rp 177.000
01-Feb-11
658
Isi staples
3 pak
Rp 18.000
01-Feb-11
  859Pulpen
1 dus
 Rp  45.000
 dst…
dst..
dst…
dst…
dst…
dst…
TOTAL
                Rp……….….









Bila transaksi harian telah di catat,rekap semua transaksi tersebuk di globalkan menjadi laporan keuangan bulanan. Laporan keuangan tersebut kurang-lebih mencerminkan keadaan sebuah laundry yang berjalan sekitar empat-lima bulan. Walaupun Anda membayar sewa tempat tahunan di awal tahun,tetap masukkan pada pengeluaran bulanan,lalu simpan uang tersebut untuk biaya sewa tahun berikutnya. Berikut contoh format laporan keuangan bulanan laundry.

 Contoh hitung sewa tempat:
Rp 12.000.000/tahun : 12 bulan = Rp 1.000.000/bulan


FORMAT LAPORAN KEUANGAN BULANAN

No.
Uraian
Debet
 Kredit
1
Gas LPG Rp    612.000
2
Bayar Rekening Listrik Rp    390.534
3
Bayar Rekening Air Rp    100.000
4
Kimia Laundry Rp    417.000
5
Plastik dan Kresek Rp    351.800
6
Gaji Karyawan Rp 2.760.000
7
Uang Makan Karyawan Rp    213.000
8
Pulsa Rp      38.000
9
Uang keamanan dan kebersihan Rp      30.000
10
ATK Rp      32.000
11
Service Mesin dan Peralatan Rp    100.000
12
Depresiasi Mesin dan Peralatan Rp    150.000
13
Sewa tempat Rp    800.000
Sub Total
 Rp 5.994.334
 
14
Pemasukan  Rp 11.280.000
                         Total
 Rp   5.994.334 Rp 11.280.000
Margin Bersih
 Rp   5.285.666






Berikut contoh format perencanaan bisnis laundry.

SIMULASI PERENCANAAN BISNIS LAUNDRY
Modal Awal
 Jumlah
1 Mesin Cuci Front Loading,1 dryer gas besar(paket) Rp      12.000.000
Perabot(jika ada tambahan diluar paket) Rp        6.000.000
Renovasi tempat Rp        1.500.000
Publikasi Rp        1.000.000
Sewa tempat Rp      10.000.000
Working capital Rp        2.000.000
Tambah daya listrik Rp           600.000
Cadangan Rp           900.000
TOTAL Modal Awal Rp   30.500.000
Pemasukan Rata-Rata per Bulan =
 Rp        9.000.000
Pengeluaran Rata-Rata per Bulan =
 Rp        6.000.000
Margin Rata-Rata per Bulan =
 Rp        3.000.000
Margin Rata-Rata per Tahun =
 Rp      36.000.000
BEP =
0,85 Tahun
















Rumus: 
BEP=Total Modal Awal:Margin Rata-rata per Tahun

Lalu yang dimaksud dengan Working Capital adalah sebenarnya biaya variabel, tetapi di butuhkan di awal berdirinya laundry Anda. Tanpa working capita, laundry tidak bisa berjalan. Oleh karena itu sengaja di masukkan working capital ini ke modal awal. Contoh working capital adalah kimia laundry, plastik, nota dan sebagainya.

Untuk modal awal lainnya dapat di sesuaikan dengan Anda masing-masing. Simulasi di atas hanya sebagai gambaran beberapa modal yang kira-kira harus disiapkan untuk membuka sebuah laundry kiloan. Jika, Anda tidak menyewa tempat, tidak memerlukan renovasi dan tidak memerlukan mesin pengering(dryer)/di jemur saja. Tentu modal awal akan jauh berkurang dan BEP akan lebih cepat.

NB: Di sarankan untuk dryer, semua laundry minimal harus punya satu. Karena pada saat musim hujan akan sangat kerepotan bila tidak memiliki dryer.

Pada simulasi,memasukkan pemasukan rata-rata per bulan adalah Rp 9.000.000,bukan Rp 10.000.000 seperti sebelumnya.

Hal ini sebagai antisipasi empat-lima bulan pertama,laundry Anda tidak terlalu ramai.Jadi anggap pemasukkan perbulan adalah Rp 9.000.000, untuk pengeluaran bulanan memeang rata-rata adalah Rp 6.000.000 untuk laundry yang memiliki 2 mesin cuci front loading, 1 dryer gas besar, 1 dryer gas kecil, 4 orang karyawan, biaya sewa Rp 12.000.000 per tahun. Semua tergantung pada keadaan laundry masing-masing, bisa kurang atau lebih dari itu.

Margin yang didapatkan rata-rata Rp 3.000.000 per bulan. Bila di hitung BEP nya (balik modal) adalah selama 1,39 tahun atau sekitar satu tahun lima bulan. hal yang tidak mungkin ada yang mengatakan sebuah usaha yang balik modal kurang dari setahun.

Justru tahun pertama adalah tahun tersulit dalam sebuah usaha. Akan banyak sekali pengeluaran yang tak terduga pada awal-awal tahun mulai usaha,karena belum ada pengalaman. Entah itu karena tertipu,karyawan yang tidak jujur, pemilihan lokasi yang kurang strategis dan sebagainya. 

Itu sebabnya mengapa 80% orang gagal pada tahun pertama memulai usaha. Semua tergantung diri sendiri, seberapa besar kemauan untuk sukses.

So, What are you gonna do now?

Mengutip kata-kata Bapak Bob Sadino,



Lakukan apa yang menurut kamu baik dan jalani dengan sepenuh hati, semoga kita semua sukses dalam menjalani kehidupan ini.












Komentar